Share

Ragam Kompetisi Sepakbola Asia (part 2)

Jumat, 13 Desember 2013

Nah setelah pada bagian pertama saya membahas kompetisi sepakbola antar-negara yang ada di Asia, kali ini saya akan membahasa tentang kompetisi antar-klub di Asia. selamat mebaca :)

Sekali lagi! Karena perbedaan level permainan sepakbola antar-klub di Asia yang cukup jauh, Konfederasi sepakbola Asia membagi (mengklasifikasikan) negara-negara dengan liga-liga sepakbolanya yang dinilai tiap tahun. Dan AFC membaginya dalam TIGA KLASIFIKASI:

Negara dengan liga sepakbola maju yakni:
Iran, Saudi Arabia, United Arab Emirates, Qatar, Uzbekistan, Japan, Korea Republic, China PR, Australia, Thailand.

Negara dengan liga sepakbola sedang berkembang yakni:
India, Jordan, Oman, Bahrain, Iraq, Kuwait, Singapore, Hongkong, Vietnam, Indonesia, Malaysia, Maladewa, Myanmar, Palestine, Tajikistan, Kyrgyztan, Yemen.

Negara dengan liga sepakbola baru berkembang yakni:
Bangladesh, Bhutan, Cambodia, Chinese Taipei, Korea DPR, Mongolia, Nepal, Pakistan, Philippines, Sri Lanka, Turkmenistan

Untuk negara dengan liga sepakbola maju, klub klub dari negara tersebut mendapat jatah lolos langsung ke Liga Champions Asia (AFC Champions League) dan beberapa mendapat jatah play-off. 

Untuk negara dengan liga sepakbola sedang berkembang, klub-klub dari negara tersebut mendapat jatah bermain di Piala AFC (AFC Cup) dan beberapa klub ada yang mendapat jatah play-off, seperti klub dari Palestina, Tajikistan, Kyrgyztan, dan Yaman.

Untuk negara dengan liga sepakbola baru berkembang, klub-klub dari negara tersebut mendapat jatah untuk bermain di Piala Presiden AFC (AFC President's Cup).

Nah sekarang sudah jelas 'kan  bagaimana skema pertandingan di regional Asia, nanti kita akan lanjut lagi ke part 3 yang akan menjelaskan bagaimana pertandingan di sub-regional Asia, termasuk AFF Suzuki Cup. :)

0 komentar: