Share

Tim-Nas Bidik Juara AFF Suzuki Cup 2010

Jumat, 29 Oktober 2010

TIMNAS senior Indonesia saat ini tengah fokus untuk menjuarai AFF Championship 2010 yang akan digelar Desember mendatang di Hanoi (Vietnam), dan Jakarta (Indonesia).

"Kita harus fokus untuk mampu menjuarai event ini," ungkap pimpinan proyek timnas Indonesia, Nirwan D Bakrie, kemarin.Untuk AFF Championship 2010 ini, PSSI akan menerjunkan timnas senior. Hal ini berbeda dengan pentas SEA Games 2011, dimana yang menjadi tulang punggung adalah pemain di bawah 23 tahun yang ditambah tiga.pemain senior.Di dua event lain yang akan dihadapi PSSI, yakni pra kualifikasi Piala Dunia 2014 dan Pra Olimpiade 2012, timnas senior juga yang akan diturunkan.

Nirwan menjelaskan, baik untuk timnas senior atau timnas SEAG 2011 akan ditangani pelatih yang sama. Namun, ia masih enggan mengemukakan siapa pelatih yang dimaksud."Masih kita negosiasikan, namun Insya Allah selambat-lambatnya awal Juni sudah mulai bertugas," ujarnya.Bicara soal nema pelatih, ada dua kandidat kuat yang direncanakan mengisi posisi pelatih timnas ini. Keduanya adalah bekas pemain timnas Belanda Ruud Krell dan bekas pemain timnas Austria, Alfred Rield. PSSI sendiri tampaknya lebih condong memilih Ruud Kroll, walau nilai kontraknya lebih tinggi dibanding Rield.

"Saya belum tahu, masih dinegosiasikan oleh sekjen," kata Nirwan soal nama Kroll. Sekjen PSSI Nugraha Besoes saat dihubungi mengatakan, kepastian nama pelatih yang akan dikontrak PSSI kemungkinan besar baru akan diketahuibeberapa pekan lagi. Yang jelas, menurut Nugraha, hal itu tidak akan menjadi penghambat kelangsungan pelatnas jangka panjang yang akan dilakukan PSSI.

"Untuk AFF Championship ini kita akan memberlakukan pelatnas jangka panjang," tegas Sekjen PSSI itu.Dalam kesempatan ini, Nirwan memastikan jabatan manajer timnas senior yang tetap dipegang Andi Darussalam Tabu-salla, sementara untuk timnas SEA Games 2011 posisi manajer tim disandang Adjie Mas-said. Untuk posisi asisten timnas senior dan SEAG 2011 dipercayakan kepada Iwan Budianto."Saya kira Adjie Massaid sudah siap mengisi jabatan manajer timnas SEA Games itu," jelas Nirwan.

Dihubungi terpisah, manajer timnas senior Andi Darussalam Tabusalla mengakui bahwa timnas yang ditanganinya kini harus konsentrasi penuh untuk merebut gelar juara di AFF Championship 2010. "Betul, kita akan fokus untuk bisa merebut gelar juara kali ini," kata Andi.Indonesia belum pernah merebut gelar juara pada ajang persaingan dua tahunan komunitas sepakbola negara-negara ASEAN ini, baik semasih bernama Piala Tiger atau Piala Suzuki. Pada 1996, Kurniawan Dwi Julianto dkk hanya menempati posisi ke-4 setelah menyerah 2-3 pada Vietnam di babak play-off. Dua tahun kemudian, 1998, timnas Indonesia menduduki peringkat ketiga setelah mengalahkan Thailand 5-4 melalui drama adu penalti di babakplayoff setelah di waktu normal kedua tim bermain imbang 3-3.

0 komentar: