Share

Bukit Terjal Menuju Australia 2015

Senin, 14 Oktober 2013



Besok malam akan menjadi malam penghakiman untuk tim nasional senior sepakbola Indonesia kala menghadapi ‘raksasa kuning’ China dalam lanjutan kualifikasi Piala Asia 2015. Memang China yang sekarang tak sekuat yang dulu lagi, tak banyak pemain China yang main di luar China, bahkan dari perkiraan starting eleven timnas China, 100% pemain adalah pemain di CSL (Chinese Super League). Eits, tapi tunggu dulu! Chinese Super League telah berubah menjadi salah satu liga top di Asia. Apalagi dengan kehadiran Guangzhou Evergrande di final AFC Champions League (Liga Champions Asia) yang akan menantang wakil Korea Selatan, FC Seoul. Banyak pemain timnas China yang berasal dari Guangzhou, salah satunya kipper Zeng Cheng (25). Di kala ia masih berumur 20 tahun, dia bermain bagi Persebaya Surabaya dan uniknya di saat itu Persebaya dilatih oleh pelatih timnas senior Indonesia kini, Jacksen Tiago. 

Bukit nan terjal memang kalo yang kita bicarakan China. Ditambah lagi timnas Indonesia yang hanya melakukan Training Camp tanpa melakukan ujicoba dengan negara manapun membuat kita semakin pesimis dengan hasil besok malam. Pertandingan internasional terakhir Indonesia praktis saat menang 2-0 melawan Filiphina, memang hasilnya positif, tapi apakah China mempunyai kekuatan yang sama dengan Filiphina? Tentunya laga besok malam akan semakin sulit ketika Indonesia hanya bermain dengan 11 pemain saja (biasanya 12 pemain, termasuk supporter). Sanksi yang dijatuhkan AFC karena adanya flare ketika Indonesia menjamu Arab Saudi membuat Indonesia harus bermain tanpa dukungan supporter. Kegagalan demi kegagalan untuk berujicoba jelas kesalahan Badan Tim Nasional (BTN), hal itu sudah diutarakan sang pelatih Jacksen Tiago. Namun beliau tidak mau mengeluh, porsi latihan fisik dan taktik terus ditambahkan karena kompetisi Indonesia Super League sudah berakhir dan para pemain seharusnya menikmati liburan, diselingi permainan outbound di tempat timnas menggelar training camp di Batu, Malang untuk sedikit meredakan ketegangan otot para pemain timnas. 

Hasil 5 pertandingan terakhir kedua negara:
Indonesia (K-K-K-K-M)
  • 31/01/13 Jordan 5 - 0 Indonesia (Persahabatan)
  • 06/02/13 Irak 1 - 0 Indonesia (Kualifikasi Piala Asia)
  • 23/03/13 Indonesia 1 - 2 Saudi Arabia (Kualifikasi Piala Asia)
  • 07/06/13 Indonesia 0 - 3 Belanda (Persahabatan)
  • 14/08/13 Indonesia 2 - 0 Filipina (Persahabatan)
China (S-S-M-M-M)
  • 21/07/13 Japan 3 - 3 China (Piala Asia Timur)
  • 24/07/13 Korea Selatan 0 - 0 China (Piala Asia Timur)
  • 28/07/13 Australia 3 - 4 China (Piala Asia Timur)
  • 06/09/13 China 6 - 1 Singapura (Uji Coba)
  • 10/09/13 China 2 - 0 Malaysia (Uji Coba)
Memang banyak kelemahan/kekurangan timnas senior kali ini, absennya Sergio van Dijk dan Kurnia Meiga diharapkan tidak terlalu berpengaruh terhadap performa timnas. Prediksi saya di pertandingan nanti, mungkin Indonesia bisa mencetak gol, satu atau dua, namun China akan mencetak lebih banyak gol dari timnas Indonesia, jadi prediksi saya kemenangan tipis akan diraih China. Walau dari lubuk hati paling dalam saya sangat ingin Indonesia yang menang dan membuka pintu menuju Australia 2015. Selamat Berjuang Kakak-kakak sekalian! Merdeka!

0 komentar: