Share

Topskorer ISL Musim Ini BOAZ SOLOSSA

Jumat, 24 Juni 2011




Siapa pecinta sepak bola yang tdak mengenal Boaz Theofilius Erwin Solossa atau akrab dengan panggilan Boaz Solossa. Pemain dengan postur 175 cm dan dengan julukan "Bochi" ini merupakan penyarang ulung dari Tanah Papua. Pemain yang penuh kontroversi baik di dalam atau di luar lapangan. Namun semua kontroversi tersebut dapat ditutupinya dengan prestasi apik bersama Persipura Jayapura.

Pemain ini mengawali kariernya di usia 13 tahun bersama klub amatir PS Putra Yohan dengan status sebagai pemain binaan dari tahun 1998-2001. Dan melanjutkan kariernya di klub Perseru Jayapura masih sebagai pemain binaan 2001-2002. Prestasinya melejit ketika dia menjadi topskorer PON XVI 2004 Sumsel di ajang sepakbola DI UMURNYA YANG MASIH 15 TAHUN. Dan pada tahun 2005 dia dikontrak Persipura Jayapura.

KONTROVERSI

Pada 25 Oktober 2005, ia dijatuhi hukuman skorsing selama satu tahun tidak boleh bermain sepakbola di ajang nasional maupun internasional oleh PSSI karena terbukti menendang wasit dalam pertandingan Piala Indonesia antara Persipura melawan Persebaya pada 12 September 2005.

Boaz pernah berulah dengan menolak panggilan PSSI untuk membela Tim Nasional Indonesia U-23. Hal itu membuat otoritas sepakbola nasional berang dan mengancam menjatuhkan sanksi berat. Salah satunya tidak mengizinkan Boaz dan beberapa pemain lain yang menolak tampil bersama Tim Nasional Indonesia, untuk tampil di pentas resmi PSSI. Tapi akhirnya hukuman itu tidak dijatuhkan, setelah Boaz bersedia kembali tampil, pada tanggal 28 maret 2007 pada pertandingan Tim Nasional Indonesia U-23 melawan Tim Nasional U-23 Libanon, namun mengalami kekalahan dengan skor 2-1 untuk keunggulan Tim Nasional U-23 Libanon.

Meski berstatus pemain sepakbola profesional, Boaz terkadang masih sering sulit meninggalkan kebiasaan buruknya mengonsumsi alkohol. Ia bahkan pernah nyaris dipulangkan dari pemusatan latihan Tim Nasional Indonesia di Australia oleh pelatih Peter Withe, karena kedapatan mabuk. Seiring dengan itu, penampilannya pun mulai meredup yang membuat Peter Withe mencoretnya.

Sikap profesional memang sepertinya masih sulit untuk ia terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Itu bisa dilihat dengan kecelakaan yang ia alami saat mengejar seekor ayam di sekitar tempat tinggalnya di Jayapura tanpa mengenakan alas kaki. Akibatnya, ia menginjak pecahan beling dan harus mendapatkan beberapa jahitan di kakinya, yang membuat ia terpaksa absen membela klubnya Persipura dalam beberapa pekan.

Yang terakhir dia dicoret dari timnas Indonesia karena meninggalkan pemusatan latihan Timnas AFF Suzuki Cup 2010 dan menolak tawaran dari klub VVV Venlo (Belanda).

Namun sederet kontroversi itu hanyalah kenangan kelam. SELAMAT KEPADA BOAZ SOLOSSA, ANDALAH STRIKER TERBAIK BUMI PERTIWI INI!!!!!

Prestasi

Klub

Individu

0 komentar: